MENGHUBUNGKAN KOMPUTER DENGAN INTERNET

Posted: 3 Juli 2011 in INTERNET

Perkembangan teknologi informasi saat ini memungkinkan kita dapatmenghubungkan komputer kita dengan internet dengan berbagai cara, antara lain ;

1. Melalui jaringan

Salah satu cara untuk terhubung ke internet adalah dengan menghubungkankomputer kita ke jaringan komputer yang telah terhubung ke internet. Sebuahkomputer yang dijadikan server dihubungkan ke internet dan komputer yang lain di jaringan tersebut dihubungkan ke server tersebut. Komputer yang berfungsisebagai server dihubungkan dengan sebuah ISP melalui kabel telepon atau antena,sedangkan untuk menghubungkan antara komputer dengan komputer serverdilakukan dengan menggunakan kartu LAN dan kabel UTP.

2. Melalui saluran telepon (Dial up) dan teknologi DSL

Cara termudah untuk menghubungkan komputer kita ke internet adalahdengan menggunakan kabel telepon biasa atau lebih sering disebut dengan Dial- Up. Cara ini mempunyai keunggulan karena mempunyai jaringan yang luas. Jikakita telah mempunyai jaringan telepon, maka kita dapat mengakses internet.

Kecepatan akses dengan menggunakan dial-up dapat mencapai 56 kbps (Kilobyte per second). Saat ini koneksi internet dengan dial-up telah didukung olehteknologi kompressi data sehingga kecepatan akses dapat ditingkatkan menjadi 4-5kali dari biasanya. Teknologi ini dikenal dengan Power Surf Dial Up Technology   dan beberapa ISP telah dilengkapi dengan teknologi tersebut.

Sampai sekarang, selain dengan dial up, jaringan kabel telepon dapat jugadigunakan dengan teknologi DSL dengan menggunakan modem ADSL yangmempunyai kecepatan akses cukup tinggi.

Contoh : Telkom Speedy.

3. Menggunakan jaringan GPRS

GPRS merupakan singkatan dari General Packet Radio Service yang memilikikemampuan untuk mengkomunikasiakn data dan suara pada saat alat komunikasisedang bergerak. Komunikasi data dan suara dilakukan dengan menggunakangelombang radio.

Kebutuhan industri akan komunikasi yang bergerak menyebabkan GPRSmenjadi salah satu teknologi komunikasi data yang banyak digunakan saat ini.GPRS mempunyai kecepatan transfer data yang cukup tinggi diperkirakan dapatmencapai 115 kbps, walaupun dalam prakteknya transfer data GPRS masih beradapada 25-30 kbps.

Teknologi GPRS memungkinkan kita mengakses internet dari mana saja. Yangpenting adalah kita telah mempunyai komputer, telepon selular yang dilengkapifasilitas GPRS dan sebuah SIM Card yang menyediakan jasa layanan GPRS.

Walaupun demikian teknologi GPRS juga mempunyai beberapa kelemahankarena untuk mendapatkan koneksi internet secara mobile kita harus melakukansetting tertentu pada jaringan selular kita.

4. Melalui WiFi

WiFi adalah kependekan dari Wireless Fidelity, yaitu teknologi jaringan tanpamenggunakan kabel yang menggunakan frekuensi tinggi. Frekuensi yangdigunakan pada teknologi WiFi berada pada spektrum 2,4 GHz.

Kita dapat terhubung ke internet melalui WiFi dengan menggunakan Notebook (Labtop) ataupun PDA yang telah dilengkapi dengan kartu WiFi (WiFi Card). Jika Notebook yang kita pergunakan menggunakan processor yang telah dilengkapiteknologi Mobile Centrino, maka kita tidak lagi membutuhkan WiFi Card. WiFimempunyai kemampuan akses internet hingga kecepatan 11 Mbps.

Pada akses WiFi kita tidak lagi membutuhkan kabel untuk terhubung ke jaringan, tetapi kita harus berada pada daerah yang mempunyai sinyal WiFi, yaitudaerah yang berada pada radius 100 meter dari titik akses. Daerah yang telahmempunyai sinyal WiFi disebut dengan Hotspot.

Terdapat tiga komponen yang terdapat dalam sebuah lokasi Hotspot, antara lain ;

a. Access Point (Titik Akses).

Merupakan perangkat yang menghubungkan teknologi Wireless LAN denganethernet (Wireless LAN Card) yang terdapat pada komputer. Titik aksesmempunyai kemampuan untuk melayani pengguna sebanyak 128 orangdengan luas daerah yang terjangkau oleh titik akses mencapai 25-100 meter.

b. Access Controler (Pengendali Akses).

Adalah perangakt yang berfungsi sebagai alat autentifikasi yaitu alat untukmengecek apakah seorang pengguna merupakan orang yang mempunyai hakatau izin untuk melakukan akses.

c. Internet Link.

Merupakan perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet.Internet link mempunyai kemampuan koneksi internet sampai dengankecepatan 512 kbps yang digunakan untuk melayani para pengguna dalamsatu lokasi.

5. Menggunakan jaringan TV kabel

Menggunakan jaringan TV kabel untuk menghubungkan komputer ke internettelah banyak dilakukan. Cara ini dinilai pas terutama bagi pengguna internet dalamsebuah keluarga. Kelebihan mengakses internet dengan menggunakan jaringan TVkabel adalah kita dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguantelepon sibuk. Bila kita mengakses internet dengan menggunakan jaringan TVkabel, ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi, antara lain ;

a. Berlangganan dengan penyadia layanan TV kabel yang dilengkapi denganlayanan internet.

b. Perangkat komputer standar yang sudah dilengkapi dengan Sistem Operasidan Browser yang mendukung untuk internet.

c.Cabel Modem dengan DOCSIS System, yaitu modem yang telah dirancangkhusus untuk jaringan TV kabel.

d. Ethernet Card atau Hardware untuk jaringan LAN yang berada dalam CPU

 

6. Menggunakan Wireless Broadband

Saat ini telah dikembangkan sebuah teknologi nirkable baru yang disebutdengan Wireless Broadband (WiBro). Namun teknologi ini masih dalam tahappengembangan dan belum resmi dipasarkan. Jaringan WiBro dapat diakses dari jarak 1 kilometer dari titik akses dengan kecepatan akses 512 kbps. Akses WiBro juga masih dapat dilakukan dari kendaraan yang bergerak dengan kecepatanmaksimal sampai 60 km/jam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s