INTERNET SERVICE PROVIDER

Posted: 3 Juli 2011 in INTERNET

Koneksi internet membutuhkan infrastruktur yang sangat mahal, karena itutidak mungkin dibangun oleh pengguna perorangan. Kemudian berdirilah perusahaan-perusahaan yang menginvestasikan dana untuk membangun infrastruktur tersebut.Kemudian perusahaan tersebut menjual jasa layanan koneksi internet. Perusahaan jasa layanan internet tersebut dinamakan dengan Internet Service Provider (ISP)

Saat ini telah ada banyak perusahaan jasa layanan internet (ISP) yang ada diIndonesia. ISP di Indonesia tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Jasa internetindonesia (APJII). Jumlah ISP akan terus bertambah seiring dengan perkembangan jumlah pengguna internet di Indonesia.

Karena banyak ISP yang ada, kita perlu memilih ISP yang memberikanlayanan terbaik dan cocok bagi kita. Ada beberapa kreteria yang dapat kita gunakandalam memilih ISP, antara lain:

1. Kecepatan Transfer Data

Dalam perpindahan data dari satu komputer di internet ke komputer kitademikian juga sebaliknya, maka kecepatan transfer data merupakan hal yangpenting. Kecepatan transfer data dari sebuah komputer server di internet kekomputer kita sangat tergantung kepada kecepatan transfer data dari provider yangkita gunakan.

Satuan kecepatan transfer data adalah bits per second (bps). Artinya berapabit data yang dapat dipindahkan dari komputer satu ke komputer lain di internetdalam tiap detik.

Pada umumnya, ISP yang ada di indonesia menggunakan modem yangmempunyai kecepatan 28,8 kbps, 33,6 kbps, atau 56 kbps. Tetapi sayangnya jaringan telepon yang ada di Indonesia masih berkisar antara 9,6 kbps hingga 28,8kbps.

2. Bandwidth

Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama olehdata-data yang ditransfer. Bandwidth dapat diibaratkan sebagai jalan raya yangdilewati oleh banyak kendaraan (data-data) secara bersamaan. Semakin banyakkendaraan yang lewat maka semakin lambat juga laju kendaraan (kecepatantransfer data). Sebaliknya Semakin lebar jalan raya (bandwidth) semakin cepat lajukendaraan yang lewat.

3. Memiliki Fasilitas Server Proxy

Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan.Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses website favoritnyadengan lebih cepat. Hal ini disebabkan server tersebut menyimpan halaman webyang sering dikunjungi. Sehingga jika pelanggan mengunjungi website favoritnya,maka pelanggan tidak perlu terhubung langsung dengan server website tersebut,tetapi cukup terhubung dengan server proxy ISP. Server proxy akan menghematpenggunaan bandwidth karena pelanggan tidak perlu lagi terkoneksi langsung kewebsite yang sering dikunjungi.

 

4. Memiliki Backbone

Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet.Membuat sebuah backbone memerlukan sebuah teknologi yang tinggi dan jugadana yang cukup besar. Kebanyakan ISP menyewa backbone dari perusahaan lainatau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain.

5. Keamanan Data

Transaksi internet rawan terhadap pembajakan. Kita perlu tahu apakah sebuahISP menggunakan firewall untuk menjamin keamanan transaksi online yang kitalakukan atau tidak.

6. Layanan Yang Diberikan

Kita juga perlu tahu, layanan apa saja yang disediakan oleh sebuah ISP.Apakah ISP tersebut memberikan account email, berapa besar account email yangdisediakan, apakah email tersebut mendukung POP3, apakah ISP tersebutdilengkapi dengan spam filter, dan berbagai layanan yang lain.

7. Biaya

Biaya merupakan salah satu pertimbangan untuk memilih sebuah ISP.Beberapa ISP memberikan pilihan pembayaran dengan menggunakan pembayaransistem paket. Biasanya sistem paket akan lebih murah bila dibandingkan dengansistem pembayaran perwaktu pemakaian. Hanya saja dalam hal ini kita perlumemperhitungkan waktu pemakaian yang kita gunakan, karena jika kitamenggunakan sistem paket, kita harus tetap membayar walaupun kita tidakmenggunakan internet.

8. Hardware

Kita juga perlu mengetahui berapa banyak modem yang dimiliki oleh sebuahISP, berapa kecepatan modem yang digunakan dan rasio pelanggan per tiapmodem. Hal tersebut perlu kita ketahui karena akan mempengaruhi layanan yangakan kita dapatkan dari ISP tersebut.

9. Teknologi Yang Digunakan

Teknologi apa saja yang dimiliki oleh sebuah ISP untuk meningkatkankinerjanya. Saat ini, teknologi kompresi data memungkinkan transfer data menjadilebih cepat. Kita perlu tahu apakah sebuah ISP didukung oleh teknologi tersebut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s