INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI (TI) DAN TEKNOLOGI BARU

Posted: 12 April 2011 in TEKNOLOGI
 INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI (TI)
A. DEFINISI INFRASTRUKTUR TI
Insfrastruktur Teknologi Informasi (TI) didefinisikan sebagai sumber daya teknologi bersama yang menyedikan paltform untuk aflikasi sistem informasi perusahaan yang terperinci. Infrastruktur TI meliputi investasi dalam peranti keras, peranti lunak, dan layanan, seperti: konsultasi, pendidikan, dan pelatihan yang tersebar diseluruh perusahaan atau tersebar duselutuh unit bisnis dalam perusahaan. Dapat dijabarkan dengan:
a. Platform komputasi yang digunakan untuk meenyediakan layanan komputasi yang berhubungan dengan karyawan, pelanggan dan pemasok dalam lingkungan digital yang konsisten yang meliputi mainframe besar, kumputer dan laptop, dan personal digitalassistant (PDA) serta Internet.
b. Layanan telekomunikasi yang menyediakan data, suara, dan konekvisitas video kepada karyawan, pelanggan, dan pemasok.
c. Layanan pengaturan data yang menyimpan dan mengelola data perusahaan dan menyediakan kemampuan untuk menganalisis data.
d. Layanan peranti lunak aplikasi yang menyediakan kemampuan untuk keseluruhan kemampuan seperti sistem perencanaan sumber daya perusahaan, manajemen hubunga pelanggan, rantai pasokan, dan menejemen pengetahuan yang digunakan bersama-sama oleh seluruh unit bisnis.
e. Manajemen fasilitas fisik yang mengembangkan dan mengelola instalasi fisik yang dibutuhkan untuk layanan komputasi, telekomunikasi, dan manjemen data.
f. Layanan manajemen TI yang merencanakan dan mengembangkan infrastruktur, berkoordinasi dengan unit bisnis untuk berbagai layanan TI, mengelola akuntansi untuk pengeluaran TI dan menyediakan program layanan proyek.
g. Layanan standar TI yang memberikan kebijakan yang menentukan teknologi informasi mana yang akan digunakan, kapan dan bagaimana menggunakannya, kepada perusahaan dan unit-unit bisnisnya.
h. Layanan pendidikan TI yang menyediakan sistem pelatihan untuk karyawan dan melatih menajer dalam merencanakan dan mengelola investasi TI.
i. Layanan pelatihan dan pengembangan TI yang menyediakan perusahaan dengan penelitian mengenai proyek-proyek TI yang berpotensi dan investasi yang dapat membantu perusahaan mendiferensiasikan diri di pasar.
EVOLUSI INFRASTRUKTUR TI: 1950-2007
Infrastuktur TI di dalam organisasi saat ini merupakan hasil dari evolusi selama lebih dari 50 tahun dalam flatform komputasi. Ada lima tahap evolusi yang telah dilewati. Masing-masing evolusi memberikan konfigurasi daya komputasi dan elemen-elemen infrastruktur yang berbeda. Lima era tersebut adalah mesin akuntansi elektronik, mainframe umum dan komputasi mini komputer, PC, jaringan klien/server, dan komputasi perusahaan dan Internet. Beberapa periode era evolusi infrastruktur:
a. Evolusi Mesin Akuntansi Elektronik: 1930-1950
b. Era mainframe Umu dan komputer mini: 1959 sampai sekarang
c. Era PC: 1981 sampai sekarang
d. Era klien/server: 1983 sampai sekarang
e. Era komputasi internet perusahaan: 1992 sampai sekarangB. PENGGERAK TEKNOLOGI EVOLUSI INFRASTRUKTUR

a. Hukum Moore dan Daya Pemrosesan Mikro

Hukum Moore: sejak chip mikroprosesor pertama diperkenalkan pada tahun 1959, jumlah komponen pada sebuag chip dengan biaya produksi perkomponen yang terkecil (pada umumnya transistor) akan menjadi dua kali lipat setiap tahunnya. Berdasarkan tulisan Gordon Moore pada tahun 1965 di Electronics Magazine.

b. Hukum Penyimpanan Digital Besar

Dunia saat ini memproduksi sebanyak 5 exabyte informasi unik pertahun (1 exabyte= 1 milliar gigabyte, atau 1018 byte). Jumlah infromasi digital kurang lebih menjadi dua kali lipat setiap tahun (Lyman dan Varian, 2003)

c. Hukum Metcalfe dan Ekonomi Jaringan

Hulum ini menyatakan bahwa nilai atau kekuatan dari jaringan bertumbuh secara eskponensial sebagai fungsi dari jumlah anggota jaringa tersebut. Hal ini menunjukan bahwa peningkatan pengembalian terhadap skala yang didapatkan oleh para anggota jaringan seiring dengan semakin banyaknya orang yang tergabung dalam jaringan tersebut.

d. Mengurangi Biaya Komunikasi dan Internet

Dengan semakin banyaknya orang dapat mengakses internet akan mengurangi dan menurunnya biaya komunikasi dan penggunaan terhadap fasilitas komunikasi dan komputasi semakin banyak.

e. Dampak Jaringan dan Standar

Standar teknologi adalah spesifikasi yang menentukan kompatibilitas sebagai produk dan kemampuan berkomunikasi dalam sebuah jaringan.

C. KOMPONEN INFRASTRUKTUR

Infrastruktur Teknologi Informasi menghasilkan tujuh (7) komponen utama:
1. PLATFORM PERANTI KERAS KOMPUTER

a. Komponen mesin: mensin klien, PC, PDA, Laptop, server.
b. Server blade; komputer yang sangat tipis
c. Mainframe
2. PLATFORM PERANTI LUNAT KOMPUTER

a. Sistem operasi Microsoft Windows, Unix, Linux
b. Sistem operasi desktop

3. MANAJEMEN DAN PENYIMPANAN DATA

Menejemen dan penyimpanan data sangat penting sebab jumlah informasi digital baru di dunia berlipat dua setiap tiga tahun, sebagian digerakkan oleh e-commerce dan e-bussines oleh sebab itu pasar perangkat penyimpanan data digital terus meningkat setiap tahunnya.

4. PLATFORM JARINGAN / TELEKOMUNIKASI
Platform jaringan / telekomunikasi biasanya disedikan oleh perusahaan layanan telekomunikasi/ telepon yang menawarkan konesitivitas suara dan data, WAN dan akses internet.

5. PLATFORM INTERNET
Platform internet harus dihubungkan dan bertumpang tindih dengan infrastruktur jaringan umum dan platform perantu keras dan peranti lunak perusahaan.

6. LAYANAN DAN KONSULTASI INTEGRASI SISTEM
Layanan dan konsultasi integrasi sistem dibutuhkan karena perusahaan besar kurang memiliki karyawan, keahlian, anggaran, pengalaman, untuk melaksanakan prosedur bisnis, pelatihan dan pendidikan.
Integrasi peranti lunak artinya memastikan infrastruktur baru bekerja sama dengan infrastruktur perusahaan lama, yang disebut sistem warisan dan memastikan elemen-elemen infrastruktur yang baru bekrja sama dengan yang lainnya.

7. PLATFORM SISTEM OPERASI

C. TREN PALFORM PERANTI KERAS DAN TEKNOLOGI BARU

Biaya komputasi menurun tetapi biaya infrastruktur Teknologi Informasi terus naik (konsultasi, integrasi sistem dan piranti lunak) dalam anggaran perusahaan. Ditambauh lagi dengan adanya telepon, sistem warisan, internet, situs internet, desktop, dan perangkat mobile lainnya.

INTEGRASI PLATFORM KOMPUTASI DAN TELEKOMUNIKASI

Pada tingkat klien, perangkat komunikasi berfungsi sebagai komputer genggam dan pada tingkat sever dan jaringan, pertumbuhan sistem telepon internet yang sukses menunjukan bagai mana paltform komputasi dan telekomunikasi yang terpisah secara historis menjadi terintegrasi melalui sebuah jaringan tunggal yaitu internet.

KOMPUTASI GRID

Komputasi grid meliputi koneksi komputasi jarak jauh secara geografis ke dalam jaringan tunggal untuk menciptakan sebuah superkomputer dengan mengkombinasikan daya komputasi dari semua komputer pada grid.
Komputasi grid membutuhkan program piranti lunak untuk mengendalikan dan mengalokasikan sumber daya pada grid, seperti piranti lunak: open source atau penyedia swasta. Komputasi grid digunakan untuk menghemat biaya, kecepatan komputasi dan kecekatan.

KOMPUTASI BERDASARKAN PERMINTAAN (UTILITAS)

Komputasi berdasar permintaan (on-demand computing) mengacu pada perusahaan yang menyebarkan permintaan daya komputasi ke pusat pemroresan dat skala besar yang letaknya jauh. Cara ini mampu mengurangi investasi dalam infrastruktur Teknologi Informasi dengan cukup hanya berinvestasi untuk mengatasi beban pemrosesan rata-rata dan membayar daya komputasi tambahan sesuai permintaan pasar saja dan pada gilirannya dapat mengurangi biaya kepemilikan sumber piranti keras.

KOMPUTASI OTONOM DAN KOMPUTASI EDGE

a. Komputasi otonom adalah sebuah upaya di seluruh industri untuk mengembangkan sistem yang mampu mengkonfigurasi, mengoptimalkan dan menelaah diri sendiri, memperbaiki pada saat rejadi kerusakan dan melindungi diri dari penyusup asing.

b. Komputasi Edge adalah skema bertingkat yang menyeimbangkan pembagian beban untuk aplikasi berbasis web di mana bagian-bagian penting dari muatan, logika, dan pemprosesan situs Web ditampilkan oleh server yang lebih murah dan kecil yang dekat dengan para pengguna untuk meningkatkan waktu respons dan ketangguhan sambi mengurangi biaya teknologinya.

VIRTUALISAI DAN PROCESOR MULTICORE

a. Virtualisasi (virtualization) adalah proses menampilkan sejumlah sumber daya komputasi (daya atau penyimpanan data) sehingga semua hal tersebut dapat diakses dengan cara yang tidak dibatasi oleh konfigurasi atau lokasi geografis.

b. Procesor multicore adalah (multicore processor) adalah sirkuit gabungan yang memiliki dua procesor dengan meningkatkan frekwensi, dari beberapa megahertz hingga chip saat ini beroperasi pad frekwensi gigahertz.

 

TREN PLATFORM PERANTI LUNAK DAN TEKNOLOGI BARU

MUNCULNYA LINUX DAN PERANTI LUNAK OPEN SOURCE

a.Piranti lunak open source adalah piranti lunak yang diproduksi oleh sebuah komunitas dan beberapa ratus ribu programer di seluruh dunia yang tidak memerlukan biaya dan dapat dirubah oleh para penggunannya.

b. Linux adalah sistem operasi yang diturunkan oleh Unix, sebuah sistem operasi klien dan server yang tumbuh paling cepat di dunia. Linux dapat mengurangi biaya, andal, tangguh, integrasi, karena linux bekerja pada semua paltform piranti lunak utama dari mainframe hingga server sampai klien.

JAVA DI MANA-MANA

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi obyek yang indevenden dari sistem operasi dan prosesor yang telah menjadi lingkungan pemograman interaktif paling terkemuka. Jika sebuah obyek bergerak pada Web atau atau mengambil input dari pengguna, maka kemungkinan terbesar applet java-lah penyebabnya.

PERANTI LUNAK UNTUK INTEGRASI PERUSAHAAN

Menggabungkan perabti lunak berbayar yang telah ada dengan aplikasi Web yang lebih baru ke dalam sebuiah sistem tunggal yang koheren dan dapat dikelola secar rasional adalah hal sangat penting di dalam perusahaan.

a. Middleware adalah beberapa integrasi aplikasi warisan dapat diperoleh menggunakana peranti lunak khusus atau peranti lunak yang menghubungkan dua atau beberapa aplikasi terpisah, yang aplikasi-aplikasi tersebut dapat saling berkomunikasi dan bertukar data.
b. Peranti ini bertujuan menggabungkan aplikasi berbeda atau aplikasi gabungan.
c. Layanan Web dan Arsitektur Berorientasi Layanan

AJAX, MASHUPS, WEB 2.0, DAN APLIKASI PIRANTI LUNAK BERBASIS WEB

a. Ajax adalah teknik yang memungkinkan klien dan server yang digunakan menahan percakapan di belakang, mentransfer data karena data dibuat ke server tanpa sepengatahuan pengguna.
b. Mashups adalah sebutan untuk aplikasi kombinasi baru yang bergantung pada jaringan data berkecepatan tinggi, standar komunikasi universal, dan kode open source.
Web 2.0 :
1) Layanan dengan skalabilitas yang efektif bagi biaya
2) Kendali atas sumber data yang unik dan sulit diciptakan kembali yang semakin kaya karena semakin banyak orang yang menggunakannya
3) Pengguna dipercaya sebagai pengembang bersama
4) Memanfaatkan kecerdasan kolektif
5) Mempengaruhi ujung yang panjang melalui fasilitas swalayan bagi pelanggan
6) Peranti lunak di atas tingkat perangkat tunggal
7) Antarmuka pengguna, model pengembangan, dan model bisnis yang ringan

OUTSOURCING PIRANTI LUNAK
a. Mengubah Sumber Piranti Lunak
b. Paket Piranti Lunak dan Piranti Lunak Perusahaan
c. Penyedia Layanan Aplikasi
d. Alih Kontrak Piranti Lunak

ISU MANAJEMEN

Menciptakan dan mengatur infrastruktur TI yang koheren memunculkan berbagai tantangan menghadapi skabilitas dan perubahan teknologi, menejemen dan tata kelola, dan membuat investasi infrastruktur secara bijak.

MENANGANI PERUBAHAN INFRASTRUKTUR

MANAJEMEN DAN TATA KELOLA (GOVERNANCE)

MELAKUKAN INVESTASI INFRASTRUKTUR SECARA BIJAK

a. Model Kekuatan Kompetitif untuk Investasi Infrastruktur TI

1) Permintaan pasar untuk layanan perusahaan
2) Strategi bisnis untuk perusahaan
3) Strategi, infrastruktur, dan biaya teknologi informasi (TI) perusahaan
4) Penilaian Teknologi Informasi
5) Layanan yang diberikan para pesaing
6) Investasi infrastruktur TI pesaing
b. Total Biaya Kepemilikan Aset Teknologi
Model biaya kepemilikan aset teknologi dapat digunakan untuk menganalisi biaya langsung dan tak langsung tersebut untuk membantu perusahaan menentukan biaya yang sesungguhnya dari implementasi teknologi tertentu.

PRAKTIK APLIKASI SIM

MEMBANTU PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN: KEPUTUSAN SEWA VERSUS BELI PERANTI KERAS DAN LUNAK: DIRT BIKES USA

a. Gunakan peranti lunak spreadsheet untuk menghitung total biaya menyewa atau membeli peranti lunak ini selama tiga tahun. Tentuakn alternatif harga terendah yang memenuhi persyaratan.
b. Faktor lain apa yang perlu dipertimbangkan selain biaya, dalam menentukan untuk menyewa atau membeli peranti keras dan lunak.
c. Apabila mungkin gunakan peranti lunak presentasi elektronik untuk merangkum temuan kepada pihak menejemen.

MEMPERBAIKI PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN: MENGGUNAKAN SPREADSHEET UNTUK MENGEVALUASI PILIHAN PERANTI KERAS DAN LUNAK

MEMPERBAIKI PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN: MENGGUNAKAN RISET WEB UNTUK MENGANGGARKAN KONFERENSI PENJUALAN?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s